BLANTERORBITv102

CARI MOBIL BEKAS IMPIAN KELUARGA, OLXmobbi JAWABANNYA

Friday, August 30, 2024

OLXmobbi


Hai perkenalkan saya Wita. Saya ibu rumah tangga dengan 2 anak yang mulai beranjak besar. Selain membersamai kedua anak dan merawat rumah saya juga mengajar di salah satu sekolah vokasi dekat rumah saya.


Tentu saja mobilitas saya termasuk tinggi. Biasanya saya lebih suka mengendarai motor karena lebih efisien dan saya belum bisa nyetir roda 4. Urusan antar jemput anak sekolah sudah saya lakukan 8 tahun ini. Masih setia dengan motor meski harus bolak-balik rumah-sekolah anak-sekolah saya-sekolah anak-sekolah saya-rumah.


Tetapi lain lagi urusannya kalau mau jalan sekeluarga. Dulu dengan 2 orang anak saya masih bisa hanya bawa 1 motor saja. Semotor berempat. Tapi anak-anak beranjak besar, dan motor 1 tak muat lagi kami gunakan bersama. Alhasil kami harus bawa 2 motor kalau mau jalan berempat.


Karena itulah suami mulai rewel minta ijin beli mobil supaya lebih mudah mobilisasi berempat. Apalagi anak sulung sudah mondok di luar daerah. Jadi ada kebutuhan menjenguk juga. Kalau bawa motor ribet banget karena barang bawaan banyak, belum lagi kalau hujan.


Tetapi dana kami terbatas, jadi planingnya cari mobil bekas saja. Nyatanya mencari mobil bekas yang sesuai keinginan dan budget memang bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami.


Dari pengalaman, yang saya ambil dari adik saya (yang mana suka sekali gonta-ganti mobil) karena kebanyakan uang (bercanda sih, wkwkwk) saya dan suami jadi tahu banyak. Bayangkan saja adik saya itu sudah gonta-ganti mobil lebih dari 5 kali.


Pertama dulu beli pick up yang rencananya mau dipakai buat kerja sampingan (agar tidak bergantung dari kerjaan utama). Sayangnya ketika mencari, adik kurang teliti, ternyata ada banyak minus pada pick up yang dibeli. Sering mogok, dan knalpot berasap pekat. Karena sudah capek bolak-balik ke bengkel akhirnya mobil itu dijual dengan kerugian lebih dari 30 juta (bisa dapat mobil kalau rugi segitu).


Lalu dia beli mobil keluarga, manual, tapi lagi-lagi dia nggak mau dengar nasehat dari suami. Jangan beli mobil jenis itu karena tidak nyaman digunakan. Tapi karena memang tampilannya gahar dibeli juga. Ujung-ujungnya mobil itu lebih sering mangkrak di depan rumah karena jarang digunakan. Akhirnya dijual lagi, dan rugi lagi.


Beli lagi mobil mewah, tapi kurang teliti di surat-surat. Ketika akhirnya dijual baru ketahuan kalau ada 1 nomor seri yang tidak sama antara di surat dan di mesinnya. Rugi banyak lagi. Beli lagi mobil keluarga matic, kurang teliti lagi (karena matic biasanya sekali ada eror akan merambat ke banyak komponen). Dibawa ke beberapa bengkel nggak ketemu masalahnya, akhirnya dijual lagi, rugi lagi. Begitu terus sampai capek saya lihatnya.


Karenanya suami begitu teliti mencari mobil yang pas, meski bekas tapi berkualitas. Beberapa kali cek langsung tapi belum ketemu yang cocok. Sampai minta tolong ke beberapa saudara yang ada di luar daerah untuk mencarikan, juga rajin scrolling marketplace yang jualan mobil bekas, masih juga belum nemu yang pas.


Sempat sih sekali, ada kabar dari teman kalau dapat mobil bekas kualitas prima. Akhirnya cek langsung ke kota jauh dengan waktu tempuh 4 jam. Sesampai di sana langsung cek semua hal. Mulai dari kondisi mesin, radiator, pelumasan, kelistrikan, komponen orosinil, sampai pada kondisi cat semua oke. Suami sudah senang tapi ingat satu hal dari pengalaman adik dulu. Dannnnn kecewa karena ternyata ada 1 nomor seri yang beda antara mesin dengan suratnya. Batal deh, dan kecewa sekali karena sudah jauh-jauh datang.


Apa saja yang perlu dicek sebelum beli mobil bekas


Sebelum menyesal telah membeli mobil bekas tetapi hasilnya diluar nurul, ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dulu pada mobil yang menjadi incaran kita. Meski tidak jarang sudah di cek sendiri pun masih saja kecolongan. Seperti yang terjadi pada adik saya. 

Kalau memang tidak begitu mengerti tentang mobil, saran saya mengajak orang yang tahu agar sebagai sumber rekomendasi ketika melakukan self check ke mobilnya.

Yang perlu kita perhatikan ketika mau membeli mobil bekas antara lain:

  • Budget yang kita miliki

Saya letakkan poin ini di awal arena dengan paham berapa dana yang kita punya untuk membeli mobil bekas, kita akan mampu memberikan semacam range untuk mobil yang akan kita incar nanti. Hasilnya pencarian akan lebih mudah karena kita sudah punya batasan yang jelas mobil apa yang mampu kita beli nanti.

  • Cek kelengkapan berkas

Poin ini saya letakkan di nomor selanjutnya karena pengalaman waktu melakukan self check sudah kadung kesengsem sama mobilnya karena dari eksterior dan interior check sudah oke, dan sudah mau deal, ternyata oh ternyata jadi kecewa karena ada satu digit nomor seri yang beda antara di mesin dan di suratnya.

Pastikan semua surat lengkap dan sesuai dengan kondisi mobil. Jika ada buku servis lebih bagus lagi, karena akan memberi insight juga untuk kita tentang performa mobil tersebut.

  • Cek eksterior mobil

Kalau mau beli mobil pasti tampilan luarnya menjadi salah satu hal yang kita perhatikan, semacam pride untuk pengendara. Tidak jarang orang hanya melihat tampilan luar mobil tanpa peduli dengan kondisi yang lain. Hal-hal yang perlu kita perhatikan saat cek eksterior mobil antara lain.

  1. Periksa kondisi cat mobil. Apakah masih orisinil atau sudah cat ulang. Apakah ada tanda-tanda bekas kecelakaan atau banjir yang kemudian terlalu banyak dempulan. Mobil bekas dengan kondisi cat masih orisinil akan memudahkan ketika akan kita tukar tambah atau jual kembali. Jika ada goresan-goresan kecil bekas pemakaian itu wajar saja.
  2. Periksa juga bagian-bagian sambungan las. Biasanya sambungan las rawan sekali terjadi korosi yang mudah menyebar ke bagian lain. Perhatikan juga adanya sambungan las di tempat yang tidak seharusnya atau terlihat berantakan. Itu bukti bahwa mobil pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan berat.
  3. Perhatikan kampas rem. Teman-teman bisa memakai senter untuk melihat kondisi kampas rem. Waspada jika kampas rem hanya tersisa ¼ atau rem berdecit atau kurang pakem ketika digunakan. Karena nanti harus punya budget tambahan untuk penggantian kampas rem.
  4. Periksa mesin mobil. Kita bisa melakukan pengecekan apakah suara mesin halus atau terdengar tersendat. Namun lebih baiknya sebelum menyalakan mesin kita cek dulu kondisi pelumasan, karena banyak oknum yang menambahkan aditif-aditif yang dapat membuat suara mesin halus. Cek juga asap pembakaran, asap yang pekat bisa jadi pertanda terjadi pembakaran tidak sempurna pada mesin mobil. Periksa juga apakah ada karat di permukaan mesin dan baut-baut sambungan. Bisa jadi karat terjadi karena mobil pernah terendam.
  5. Periksa aki mobil. Pemeriksaan aki berhubungan dengan kemampuan elektrikal mobil. Apakah responsive ketika dijalankan atau tidak. Jika tidak kemungkinan aki sudah ada masalah dan perlu ganti. Biaya ganti aki cukup menguras budget juga lo teman-teman.
  6. Periksa ban mobil. Untuk fisik, bisa kita perhatikan apakah batik ban masih bagus atau ban sudah halus. Ban halus bisa membahayakan pengendara karena tidak mampu memberi cengkeraman pada badan jalan ketika melaju. Jika kita melakukan test drive dan mobil terasa berguncang, cek apakah tekanan angina ban sudah oke atau belum. Biasanya ban kurang tekanan. Biaya penggantian ban lumayan mahal juga, wkwkwk.
  7. Periksa suspensi mobil. Pengecekan pada bagian ini bisa dilakukan dengan test drive dan merasakan sendiri ketika mobil bergerak. Ketika suspense mobil rusak akan terasa berayun-ayun dan tidak stabil dikendarai. Kontrol stir juga sulit dilakukan ketika kita melajukan mobil dalam kecepatan rendah.
  8. Periksa kondisi cairan mobil. Ini menyangkut pelumasan, apakah oli berwarna hitam? Perhatikan juga kadar air radiator, minyak rem, air wiper dan oli garden.

  • Cek interior mobil

Pengecekan interior mobil juga perlu dilakukan, terlebih pada head unit mobil karena ini terkait juga pada kelistrikan. Ada beberapa poin yang perlu di cek menyangkut interior mobil, antara lain.

  1. Cek head unit, pastikan fungsi elektrikal baik, mulai dari lampu-lampu, tombol-tombol dan radio.
  2. Cek setir mobil, gerakkan setir mobil dengan kondisi mobil melaju. Pastikan tidak bergetar dan berat. Setir bergetar atau terasa berat berhubungan dengan kondisi suspensi dan ban mobil yang tidak optimal.
  3. Cek perseneling mobil. Pastikan perseneling tidak keras dan mudah digunakan. JIka sudah keras nanti juga harus meluangkan anggaran untuk penggantian.
  4. Cek AC mobil. Pastikan AC menyala dan dingin. Jika AC terasa hanya mengeluarkan angina tetapi tidak lekas dingin biasanya terjadi masalah pada kompresornya dan butuh dilakukan servis.


Ini yang paling penting, adalah melakukan self check ke garasi atau tempat mobil yang kita incar agar kita tahu dengan mata kepala sendiri bagaimana kondisi mobilnya. Jangan mudah percaya hanya bergantung pada marketplace karena rawan terjadi pembohongan.

Ribet? Ya iyalah, namanya juga usaha. Kalau tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya wajib melakukan seluruh prosedur diatas biar tidak kecewa.


Eits tapi sekarang dengan pergeseran gaya hidup yang suka instan-instan, sepertinya suami perlu dikasih tahu nih rekomendasi platform jual beli mobil bekas yang terpercaya. Namanya OLXmobbi "Ahlinya mobil bekas" Ini tuh semacam bisnis layanan jual beli mobil bekas online dan offline dengan keunggulan pada inspeksi yang dilakukan pada mobil-mobil yang dijual atau yang akan dibeli secara menyeluruh.


Jadi pelanggan seperti saya tidak perlu repot dan ribet melakukan pengecekan. Apalagi inspeksinya dilakukan oleh mereka yang kompeten di bidang otomotif dan bersertifikasi. Jadi aman dari tindak penipuan.


Kenalan yuk dengan OLXmobbi


Pernah dengar mobil88i atau mobbi nggak? Dulu sering kali seliweran iklan tentang perusahaan ini. Nah ini adalah salah satu cikal bakal OLXmobbi. Jadi OLXmobbi ini anak perusahaan PT. Astra International, Tbk yang bergerak di sebagai platform digital business to consumer (B2C) mobil bekas secara end to end dengan penyedia layanan dari berbagai anak perusahaan otomotif, finansial dan asuransi dari grup Astra.

 

OLXmobbi store
Sumber: www.olx.co.id


OLXmobbi ini adalah nama bisnis dari PT. Astra Digital Mobil yang diluncurkan per 18 Maret 2024 setelah merger dengan mobil88 dan OLX Autos yang sudah diakuisisi oleh Astra pada Agustus 2023.


Layanan platform digital seperti ini kan saat ini sangat digemari. Karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja dengan mudah.


Layanan OLXmobbi


Basis layanan OLXmobbi itu ada pada digital platform, namun demikian OLXmobbi tidak hanya berhenti di layanan online saja tetapi menyediakan layanan offline jual beli mobil bekas sekaligus one stop solution dalam ekosistem mobil bekas.


Demografi Indonesia yang termasuk besar, dengan ­range usia 30an menempati urutan terbanyak, tentu saja peluang jual beli mobil bekas sangatlah besar. Usia dewasa masuk pada ekosistem keluarga yang butuh mobil untuk mobilitas sehari-hari karena jumlah anggota keluarga yang cenderung tidak muat lagi diangkut menggunakan motor sekali jalan.


Jadi di platform ini kita bisa melakukan penjualan dan pembelian mobil bekas secara nyaman dan tanpa ribet, karena sudah disediakan berbagai layanan yang dibutuhkan.


Langkah mudah menjual mobil di OLXmobbi


Di OLXmobbi sih konsumen cukup duduk manis di rumah pun sudah bisa menjual mobilnya dengan harga yang oke. Tahapannya Cuma 3 saja, yaitu: cek harga, cek kondisi mobil, lalu cek rekening. Simpel sekali kan…


Pertama kita cek harga dulu lewat platform, kira-kira berapa sih harga jual mobil kita dengan kondisi seperti yang ada. Dari sana kita bisa tahu nnati besaran uang yang akan kita terima sebagai harga penjualan.


Lalu OLXmobbi akan menjadwalkan inspeksi gratis secara online, kemudian tim inspeksi akan melakukan cek langsung pada mobil kita. Semuanya gratis tanpa bayar. Biasanya sih pengecekan itu nggak sampai sejam sudah selesai. Inspeksi biasanya dilakukan di OLXmobbi Store atau melalui home inspection.


OLXmobbi
Sumber: www.olxmobbi.co.id


Tahap selanjutnya kita tinggal menunggu transferan dari OLXmobbi sebagai bayaran harga jual mobil kita setelah tim ahli memberikan hasil laporan kondisi mobil lengkap dan memberikan penawaran. Istilahnya kita nego-nego harga dulu. Setelah deal dan proses dokumen-dokumen sudah oke uangnya akan masuk ke rekening kita kurang dari sejam.


Gimana mudah dan cepat sekali kan. Kita nggak perlu keluar uang buat bikin iklan atau bayar makelar untuk menjual mobil kita. 


Langkah mudah membeli mobil di OLXmobbi


Beda tahapnya kalau kita mau beli mobil. Ini termasuk saya nih, masih mencari-cari mobil yang tepat sesuai kebutuhan dan keinginan.


Sebenarnya jika ingin membeli mobil bekas lewat OLXmobbi lebih mudah, karena di platform sudah ditampilan berbagai macam mobil bekas dengan spesifikasi yang tertata berdasarkan harga jual, merk, dan jenis mobil. Jadi kita lebih mudah memilih dan menyesuaikan dengan budget.


Tahapan beli mobil bekas di OLXmobbi haya ada 3, pilih dulu mobilnya, pilih jadwal test drive, bayar. Semudah itu. Layanan test drivenya gratis lagi. Dan kita bisa pilih mau test drive nya dimana. Karena saat ini OLXmobbi sudah punya 30 store dan inspection center di 10 kota besar Indonesia, misalnya di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, dan Medan. Pilih saja yang terdekat dengan tempat tinggal kita, atau bisa lo ternyata kalau mau test drive nya di rumah. Keren banget kannnnn. Sudah, habis itu beres.


OLXmobbi store location
Sumber: @olxmobbi


Apalagi memilih mobil bekas di OLXmobbi itu enak dana man, karena setiap mobil yang di display di platform sudah melalui pemeriksaan lengkap sebelumnya. Dan kita juga bisa melihat spesifikasi lengkap mobil tersebut karena disajikan secara akurat.


Sudah selesai pilih dan test drive? Berarti tinggal bayar dong ya…Nah pembayaran di OLXmobbi juga mudah sekali karena tersedia berbagai layanan pembayaran. Kita tuh bisa banget bayar pakai kartu kredit, debit, lewat ATM, atau transfer bank semua bisa kita lakukan dan pilih. Mudah sekali, dengan banyaknya aplikasi pembayaran online semakin memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.


Tapiiiii aku nggak punya uang sebanyak itu buat melunasi…Eits tenang dulu OLXmobbi sekarang sudah bekerjasama dengan ACC dan Toyota Astra Financial services untuk masalah pembiayaan. Tenang saja….


Kenapa pilih OLXmobbi


Kadang kita sering underestimate dengan platform marketplace karena rawan sekali penipuan. Tetapi setelah saya pelajari dan mendapat beberapa referensi dari teman-teman, OLXmobbi memang kompeten untuk digunakan. Alasannya ada di bawah ini:


Mobil bekas dengan kualitas oke

Setiap mobil bekas yang masuk ke OLXmobbi sudah melewati rangkaian pengujian dan pemeriksaan secara ketat dan akurat sehingga kita bisa merasa aman bahwa mobil bekas yang dijual ada dalam kondisi yang oke. Apalagi tim inspeksi yang diturunkan adalah orang-orang yang kompeten di bidang otomotif. Hasil pengujian dan pemeriksaannya pun disertai dengan sertifikat yang sah. Makin membuat konsumen merasa aman.


Transparansi kualitas mobil

OLXmobbi menyajikan display mobil bekas disertai dengan deskripsi secara lengkap mengenai spesifikasi dan kondisi mobilnya. Bahkan kita sebagai calon pembeli bisa memeriksa sendiri dokumen-dokumen terkait mobil tersebut.


Garansi pada mobil yang dijual

OLXmobbi memberikan garansi pada mesin dan transmisi mobil bekas yang dijual selama 1 tahun dan jaminan 7 hari uang kembali. Ini sebagai komitmen OLXmobbi untuk memberikan kepuasan maksimal bagi pelanggan. Jadi misalnya setelah membeli kita merasa ada yang kurang nyaman kita bisa mengajukan pengemalian dan tidak perlu khawatir akan dana yang sudah kita bayarkan.


Gratis biaya perawatan

Pelanggan yang beli mobil bekas di OLXmobbi dapat gratis biaya jasa perawatan dari mobil bekas yang dibeli hingga 30.000 km atau 18 bulan. Sebagai mak-mak ini sesuatu sekali yakannnn. Lumayan menghemat budget wkwkwk


Bisa melakukan home test drive

Mau beli mobil bekas nggak pake ribet memang Cuma di OLXmobbi. Gimana nggak, males test drive karena lokasi jauh, tenang OLXmobbi punya layanan home test drive juga. Tinggal tunggu di rumah saja nanti tim akan mendatangi rumahmu langsung.


Bisa melakukan home inspection

Sama seperti poin di atas, OLXmobbi juga menyediakan layanan inspeksi di rumah lo. Jadi kita tinggal siapin kondisi mobil kita untuk dilakukan pemeriksaan di rumah. Sangat meringankan pelanggan.


Uang langsung ditransfer

Begitu transaksi oke, dokumen lengkap, OLXmobbi akan langsung mencairkan pembayaran kurang dari satu jam. Uang masuk rekening kita dengan aman dan cepat.


Tukar tambah cepat

Bosan dengan mobil lama dan pengen ganti baru, OLXmobbi dengan koleksi mobil bekas lebih dari 2000 unit bisa jadi solusi. Layanan tukar tambah pembelian disediakan dengan cepat dan akurat. Enak bangetttt.


Penawaran harga oke

Pernah ketipu ketika membeli dan menjual barang di marketplace? Tenang saja OLXmobbi memberikan penawaran harga yang sangat relevan dengan kondisi mobil bekas. Tidak ada tipu-tipu dan bisa dibandingkan dengan competitor lain.


Layanan purna jual

OLXmobbi memberikan layanan purna jual yang oke punya. Jadi jika ada keluhan atau apapun yang ingin disampaikan bisa langsung call 150264 di jam kerja mulai pukul 09.00-18.00. Customer service akan memberikan tanggapan setelah ada input keluhan yang masuk.


Sangat terpercaya

Dari marketplace sejenis, bagi saya OLXmobbi adalah platform jual beli mobil bekas yang paling oke. Layanan yang diberikan membuatnya menjadi terpercaya dan jujugan konsumen untuk melakukan transaksi jual beli mobil bekas dengan mudah tanpa ribet.


Enak banget kan jual beli mobil di OLXmobbi ini. Bener-bener pelanggan diposisikan sebagai raja. Segala layanan terpenuhi dengan sangat baik.


Habis ini saya mau mengrecoki suami biar mulai ikut scroll di platform OLXmobbi. Terus terang kami sudah mulai jenuh mencari mobil bekas yang sesuai dengan apa yang kami mau, sudah hamper 6 bulan belum nemu juga.


Kemarin sih sudah ada beberapa calon mobil bekas yang saya rasa cocok, tapi mau cari-cari lagi. Kami ini penyuka mobil klasik, yang tahunnya agak lama. Mobil-mobil kualitas oke yang terbengkalai. Misalnya Honda Ferio yang sekarang booming lagi. Atau Toyota Corolla keluaran 1996 ke atas. Sepertinya ciamik.


Karena di OLXmobbi banyak untungnya akan saya coba cari-cari lagi ah bareng suami siapa tahu nemu yang pas di hati. Seperti slogan OLXmobbi “Jual Beli Mobil Bekas Berkualitas” kami juga ingin dapat mobil bekas berkualitas untuk teman perjalanan keluarga merangkai kenangan bersama-sama. Semoga.



Referensi

www.olx.co.id

@olxmobbi

www.bisnis.com




Author

Marwita Oktaviana

Blogger, Book lover, Writing Enthusiast, A friend of a many students